Pengabdian Masyarakat di SMK Negeri 2 Bandung


Pelatihan dan Pendampingan Implementasi Network Security di SMKN 2 Bandung

 

Permasalahan utama pada mitra SMK N 2 Bandung yaitu dalam menerapkan pemanfaatan penggunaan suatu keamanan jaringan di masa sekarang yang dirasa masih kurang maksimal oleh guru SMK N 2 Bandung. Permasalahan lain meliputi bagaimana guru pada SMK N 2 Bandung mampu memenuhi tuntutan perkembangan teknologi yang mengharuskan mereka untuk mengajar implementasi keamanan jaringan.

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat di SMKN 2 secara umum adalah melakukan pelatihan dan pendampingan pengimplementasian network security untuk guru SMKN 2 Bandung guna memberi pengetahuan dalam implementasi network security. Selain itu pelatihan network security bagi guru SMKN 2 Bandung juga berguna untuk memberi pelatihan secara langsung (praktek) implementasi network security.

Dengan adanya program pengabdian masyarakat di SMKN 2 Bandung  ini, diharapkan mampu memberi wawasan terhadap pentingnya implementasi network security bagi organisasi i kepada guru di SMKN 2 Bandung dalam menghadapi kemajuan teknologi di dalam era keterbukaan data dan informasi saat ini.

 

1.1  PROFIL SMK NEGERI 2 KOTA BANDUNG

 

SMK Negeri 2 Bandung merupakan sekolah menengah kejuruan negeri yang berada di KotaBandung, Jawa Barat, Indonesia. Berlokasi di Jalan Ciliwung No.4, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung. Masa pendidikan di SMK Negeri 2 Bandung ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas X hingga kelas XII, seperti pada umumnya masa pendidikan sekolah menengah kejuruan di Indonesia. Jurusan yang tersedia di SMK Negeri 2 Bandung adalah sebagai berikut : Teknik Permesinan, Teknik Gambar Mesin, Teknik Pengelasan, Teknik Fabrikasi Logam, Teknik Komputer dan Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Animasi.

 

Visi dari SMK Negeri 2 Bandung adalah sebagai lembaga pendidikan kejuruan professional dan berwawasan lingkungan yang mampu menghasilkan lulusan yang bertaqwa, cerdas, kompeten dan kompetitif. Untuk mewujudkan visi tersebut maka SMK Negeri 2 mempunyai misi

  1. Mengembangkan sikap kewirausahaan yang jujur dan bertanggung jawab.
  2. Memberikan mutu layanan pendidikan kejuruan yang professional dan berkualitas.
  3. Meningkatkan kebekerjaan lulusan serta dapat mengembangkan sikap professional sesuai bidang keahliannya.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu memilih karir, berkompeten, produktif dan dapat mengembangkan diri.
  5. Menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif.
  6. Menjalin kerjasama dengan dunia usaha/dunia industry serta instansi terkait.

 

Masyarakat yang menjadi target adalah guru di SMK Negeri 2 Kota Bandung. Guru sebagai ujung tombak yang memberi pengetahuan langsung kepada siswa selalu berusaha untuk memenuhi visi dan misi yang telah dicanangkan. Agar penerapan visi dan misi tersebut bisa dicapai, dapat terselenggara secara efektif dan efisien, maka perlu adanya kemampuan yang kompeten sesuai dengan bidangnya terutama di bidang network security maka  perlu diadakan pelatihan dan pendampingan implementasi network security bagi guru SMK Negeri 2 Bandung .

Lokasi SMK Negeri 2 Kota Bandung

 

 

1.2  PERMASALAHAN YANG DIHADAPI

Rencana pelatihan ini menjadi sesuatu hal yang sangat strategis bagi  guru SMK Negeri 2 Kota Bandung  karena  dengan diselenggarakan pelatihan ini para guru bisa menambah pengetahuan dan wawasan dalam implementasi network security sebagai salah satu hal yang sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan mentransfer pengetahuan yang didapat kepada murid-murid di SMK Negeri 2 Kota bandung, sehingga murid-murid bisa memanfaatkan ilmu tersebut di dunia kerja jika lulus nanti.

Selain alasan diatas pelatihan ini akan melibatkan banyak sumber daya manusia dari guru-guru SMK Negeri 2 Kota bandung, sehingga dibutuhkan  pemahaman yang seragam  tentang  apa dan bagaimana network security  itu harus diterapkan serta penguasaaan tools yang dapat membantu dalam mengelola  dan mengotrol  pelaksanaan berbagai aktivitas yang dilakukan dalam penerapan network security.

SMK Negeri 2 kota Bandung  merupakan  lembaga pendidikan yang  memegang peranan penting dalam pelaksanaan pengembangan Sumber daya manusia yang siap kerja di kota Bandung.  Sehingga SMK Negeri 2 bandung bisa mendorong murid-muridnya untuk mempunyai pengetahuan tentang  network security  serta  perlu pula menguasai tools yang dapat membantu dalam penerapannya sehingga lulusannya bisa lebih mudah terserap di industri terutama industry yang memperkejakan karyawan yang mempunyai pengetahuan network security dan penerapannya.  Berkaitan dengan alasan tersebut  maka  perlu adanya transfer pengetahuan dari pihak Telkom University dalam hal ini tim pengembang dan pengabdian masyarakat tentang network security  terhadap guru-guru SMKN 2 Kota Bandung.

 

1.3  POTENSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SASAR

 

Tujuan yang  hendak  dicapai dalam kegiatan  Pengabdian Masyarakat ini diantaranya adalah:

  1. Memberikan sharing pengetahuan kepada para guru-guru SMK Negeri 2 Kota Bandung tentang  network security.
  2. Memberikan pelatihan tentang bagaimana menerapkan network security di organisasi kepada para guru-guru SMK Negeri 2 Kota Bandung.

 

 

 

 

BAB II
SOLUSI DAN TARGET LUARAN

 

II.1 SOLUSI

 

Terdapat  beberapa  manfaat  yang  akan dihasilkan dari kegiatan ini diantaranya  adalah

  1. Menciptakan pemahaman yang sama tentang penerapan network security  diantara tim pengembang network security dari Program Studi SI dengan para  guru SMK Negeri 2 Kota Bandung. Indikator keberhasilan pencapaian manfaat  ini ditandai dengan para guru SMK Negeri 2  Kota Bandung mengetahui kontribusi  apa yang diperlukan dari masing-masing individu untuk mendukung  berjalannya penerapan network security di organisasi.
  2. Meningkatkan skill para guru SMK Negeri 2 Kota Bandung dalam menerapkan network security di organisasi dengan menggunakan tools . Indikator Keberhasilan dari manfaat ini adalah para guru SMK Negeri 2 Kota Bandung sudah mampu menerapkan network security di organisasi dengan studi kasus sebagai contoh adalah penerapan di SMK Negeri 2 Bandung.
  3. Menciptakan hubungan yang lebih erat antara Tim dari program studi SI dan para guru SMK Negeri 2 Kota Bandung sehingga proses kerjasama untuk kegiatan ini dapat  lebih mudah dilaksanakan.

 

II.2 TARGET LUARAN

Luaran pengabdian kepada masyarakat untuk SMK Negeri Kota Bandung adalah berupa jasa pelatihan selama 2 hari dan pendampingan maksimal 1 bulan dimana dalam pelatihan tersebut setiap peserta akan mendapatkan kit modul pelatihan dan sertifikat pelatihan.

 

 

 

BAB III

METODE PELAKSANAAN

 

 

III.1 METODE PELAKSANAAN KEGIATAN

Pemahaman implementasi network security secara optimal tidak hanya cukup dengan teori dan belajar secara otodidak. Pelatihan dan implementasi network security yang akan di selenggarakan di SMK Negeri 2 Bandung.

 

Pelaksanaan kegiatan pengabdian dimulai dengan tahap awal yaitu perancangan model network security, pembangunan sistem hingga testing dan penanaman sistem berdasarkan studi kasus. Tahap selanjutnya adalah melakukan sosialisasi dan pelatihan ke SMK Negeri 2 Bandung.

 

III.2 PARTISIPASI MITRA

 

SMK Negeri 2 Kota Bandung dalam kegiatan ini berpastisipasi dalam menyiapkan ruangan pelatihan dan pendampingan, peralatan untuk uji coba implementasi network security, dan studi kasus selama diadakannya pelatihan dan pendampingan sampai program pengabdian masyarakat ini selesai. SMK Negeri 2 Kota Bandung menyediakan tempat dan alokasi waktu serta persiapan fasilitas sebagai mana mestinya.

 

 

III.3 GAMBARAN IPTEK

Input :    1. Lulusan SMKN 2 Bandung harus mempunyai kemampuan di bidang Networks security

            2.  Guru SMKN 2 Bandung harus mempunyai kemampuan network security

 

3

Outcome : Pemanfaatan network security sebagai kemahiran sivitas akademika SMK N 2 Bandung untuk solusi keamanan jaringan di organisasi.
siswa mampu dalam melakukan implementasi network security dari materi yang diajarkan gurunya.

 

 

Guru bisa melatih siswa dalam melakukan implementasi network security.

 

 

Metode Akhir : Pelatihan implementasi network security dan pendampingan penggunaan
Proses : Membuat simulasi implementasi network security
PC / Laptop, jaringan internet dan server untuk membangun dan menerapkan network security
Analisis Sistem dan Implementasi SIstem
Penerapan dan pelatihan sistem
Output

 

 

 

BAB IV

BENTUK KEGIATAN & JADWAL

 

IV.1 TAHAPAN KEGIATAN

 

Kegiatan ini akan berlangsung sekita dua bulan dengan rincian aktifitas seperti yang dapat dilihat pada tabel 1.

Table 1. Jadwal Rencana Kegiatan

 

No Kegiatan April Mei Juni Juli Agustus
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Identifikasi kebutuhan aplikasi                                        
2 Perancangan Network Security                                        
3 Pembangunan Network Security                                        
4 Deployment & Testing Network Security                                        
5 Training User dan pendampingan                                        
6 Pembuatan Laporan Akhir PKM                                        

 

IV.2 WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN

Waktu pelaksanaan kegiatan dimulai dari tahap perancangan sistem di bulan pertama dari rancangan pengabdian, kemudian dilanjutkan dengan pembangunan hingga penanaman sistem. Tahap selanjutnya adalah sosialisasi penggunaan aplikasi kepada masyarakat sasar.

Rancangan kegiatan pelatihan adalah sebagai berikut:

Tanggal             : Tentatif di bulan mei

Bulan               : Mei/Juni

Tahun               : 2018

 

Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan dan dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama berupa pemaparan Network Security dan tools dan tahap kedua berupa implementasi Network security.

 

IV.3 TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN

Lokasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah gedung SMK Negeri 2 Kota Bandung, Jalan Ciliwung no. 4 Bandung.

Kegiatan

Karena keterbatasan mitra dalam menyediakan waktu dan ruangan maka pelaksanaan pelatihan dimampatkan dalam waktu 1 hari dengan susunan acara menjadi sebagai berikut :

07.30 – 08.00                      Registrasi ulang

08.00 – 08.30                      Upacara Pembukaan Kegiatan

08.30 -10.00                      Pengenalan Network Security dan Keamanan Jaringan Komputer

10.00 -10.30                      Istirahat

10.30 – 12.00                     Threat and attack

12.00 – 13.00                     ISOMA

13.00 – 15.00                      Attacker & Kriptografi

15.00 -15.15                      Istirahat

15.15 -16. 45                      Firewall & Incident Response

Materi kegiatan

Materi yang di berikan ke peserta dan dimasukkan ke dalam Flash Disk berisi:

– Materi PPT

– Tools Network security

Goody bag berisi flash disk dan notes

Peserta yang mengikuti pelatihan terdiri dari guru, teknisi, dan pelajar (Daftar hadir terlampir).

Dari hasil kegiatan ini peserta sangat antusias dan tertarik dengan materi yang disampaikan. Peserta memahami dan dan menyadari bahwa dengan teknologi informasi disamping efek positif yang diberikan tenyata dimanfaatkan juga oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memperoleh keuntungan pribadi dan merugikan orang lain.

Peserta juga di ajak untuk mencoba dengan tools-tools yang disertakan di flashdisk.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *